kamera dslr

Panduan Lengkap Membeli Kamera DSLR Pertama [Khusus Pemula]

Damas Amirul Karim - Last Updated 14 May 2017
Panduan Lengkap Membeli Kamera DSLR Pertama [Khusus Pemula]
Membeli kamera dslr untuk pertama kali bukanlah hal yang mudah, panduan ini akan membatu anda untuk menemukan kamera yang sesuai
Kamera DSLR

Ketika anda cukup lama menggunakan kamera saku, dan mengambil banyak foto.

Mungkin anda akan mulai merasa sedikit terbatas dengan apa yang mampu kamera anda lakukan, dan merasa sekarang saatnya untuk melangkah maju!

Dalam panduan ini saya akan membantu anda untuk memahami beberapa fitur dasar yang ada pada kamera Digital SLR (DSLR)

Dan mudah-mudahan bisa membantu anda dalam menemukan kamera dslr yang sesuai dengan kebutuhan juga budget anda.

Apa itu kamera DSLR?


Sebelum kita memulai, penting untuk dicatat bahwa tidak ada kamera yang akan membuat anda menjadi fotografer yang lebih baik.

Tidak peduli betapa mewah atau mahalnya!

Kamera bisa membatasi anda jika tidak sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

SLR adalah singkatan dari Single Lens Reflex. Pada dasarnya kamera ini akan memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Sedangkan "D" hanya menunjuk "Digital" berbeda dengan SLR Film.

Baca: Perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless

Perbandingan kamera DSLR dan Mirrorless

Kelebihan Kamera DSLR


Sekarang anda mungkin bertanya: "Mengapa saya ingin melihat melalui viewfinder (jendela bidik)? sedangkan kamera saya memiliki LCD di bagian belakang".

Pernahkah anda mencoba melihat LCD itu pada hari yang cerah dimana sinar matahari berada di belakang anda? Cukup mustahil bukan.

Keuntungan pertama dari DLSR yaitu adanya viewfinder yang melindungi mata anda dari sengatan sinar matahari saat melihat gambar objek foto.

Kedua, kamera dslr juga memiliki lensa kamera yang bisa anda ganti dikemudian hari sesuai kebutuhan dan juga budget anda.

Dan ketiga, Kamera DSLR memiliki sensor digital yang lebih besar dibandingkan kamera saku. Itu artinya, akan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Jadi, biarpun anda mengambil gambar menggunakn kamera saku 10 megapixels (yang sama dengan DSLR), namun kualitasnya tidak akan sebanding.

Apa nama Brand Kamera DSLR yang Terbaik?


85% dari semua kamera DSLR yang dijual dipasaran adalah dua merek utama: Canon dan Nikon. Kemudian ada Pentax, Olympus dan Sony.

Canon vs nikon

Semua adalah produsen yang sangat baik yang telah ada selama bertahun-tahun.

Tidak ada produsen yang lebih baik dari yang lain karena mereka semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Anda hanya perlu menemukan kamera mana yang memiliki kelebihan di bidang yang paling penting bagi anda atau sesuai dengan kebutuhan.

Mari kita lihat beberapa teknologi dan fitur DSLR.

1. Megapixel


Hampir semua kamera DSLR setidaknya memiliki 10 megapiksel sensor digital.

Megapixels hanyalah jumlah piksel atau titik cahaya yang harus dibuat oleh sensor digital. Memiliki lebih banyak pixel tidak membuat gambar lebih baik, hanya saja memungkinkan gambar tersebut untuk dicetak pada ukuran yang lebih besar.

Tapi saya rasa 10MP sudah cukup untuk hampir semua ukuran cetak kertas foto terlebih untuk kepentingan social media.

Untuk mengetahui seberapa besar ukuran cetak cukup mudah.

Perahatikan Pixel x Pixel pada contoh spesifikasi berikut:


Canon XSi - 12MP - 4272 x 2848


Ambillah dimensi piksel (4272 x 2848) kemudian dibagi 300 sehingga akan menghasilkan 14,24 X 9,49. Itu adalah ukuran cetak maksimal dalam inci.

Jadi anda bisa membayangkan apakah hanya akan mencetak 4" X 6" atau 8" x 10" dan menentukan kamera yang sesuai kebutuhan Anda.

Sebenarnya jika anda hanya mengirim email atau posting foto sosial media, gambar tersebut berada di bawah 1 MP sehingga tidak perlu khawatir sama sekali.

Karena disini anda ingin belajar fotografi, maka saya berharap anda bisa mencetak 11" x 14" yang bagus untuk ditampilkan di dinding anda!

Dalam beberapa kasus, terlalu banyak megapixels sebenarnya bisa menjadi penghalang.

Jika anda tidak memiliki komputer high end dengan prosesor yang cepat dan banyak memori, anda mungkin bahkan tidak bisa mengolah gambar 21.2MP menggunakan photoshop.

Ditambah, terlalu banyak Megapixel mungkin berpengaruh negatif terhadap kinerja ISO tinggi pada kamera yang lebih rendah.

Jadi untuk sementara, besarnya megapixel bukanlah spesifikasi yang akan menentukan keputusan anda mengenai DSLR dasar.

2. Kinerja ISO tinggi


ISO adalah tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhadap cahaya.

Hal ini memungkinkan anda untuk mengambil gambar meskipun minim cahaya.

Contoh pengaturan ISO

DSLR yang paling dasar memiliki kemampuan ISO 100 sampai 1600, dimana 100 untuk banyak cahaya dan 1600 untuk minim cahaya.

3. LCD Besar dan Resolusi Tinggi


LCD 3" atau lebih besar di bagian belakang kamera DSLR sangat bagus.

Live view pada DSLR

Untuk meninjau ulang jepretan atau zooming untuk memeriksa fokus, resolusi yang lebih besar dan lebih tinggi akan memudahkan anda.

4. Live View


Beberapa model kamera memiliki fitur "Live View", jika anda telah menggunakan kamera saku, maka anda cukup terbiasa menggunakannya.

Fitur ini memungkinkan anda untuk menggunakan LCD di bagian belakang kamera untuk menyusun pemotretan dan memeriksa fokus.

Saya bukan penggemar fitur ini (karena LCD masih sulit dilihat di bawah sinar matahari yang terang) namun banyak orang menyukai fitur ini.

5. Frames Per Second (FPS)


Frames Per Second adalah berapa banyak gambar per detik yang mampu kamera ambil secara berturut-turut dengan menekan tombol shutter dalam mode "multi".

Jika anda hanya mengambil beberapa menit untuk menyusun pemandangan yang bagus, ini sama sekali tidak penting bagi Anda.

Tapi jika anda ingin mengambil gambar satwa liar, yang membutuhkan tindakan cepat yang bergerak maka ini akan masuk dalam daftar pilihan anda.

6. Ukuran Sensor


Ada beberapa ukuran sensor digital yang berbeda pada kamera DSLR dari APS-C, hingga yang dikenal sebagai Full-Frame.

Karena ini adalah panduan untuk DSLR pertama anda, saya tidak akan membahas terlalu banyak tentang macam-macam ukuran sensor kamera.

Ada beberapa keuntungan untuk sensor full-frame, namun untuk kamera profesional atau semi-pro dan kisaran harga di luar jangkauan panduan ini.

7. Sensor Clening


Salah satu efek samping dari melepas lensa adalah kemungkinan debu atau kotoran yang masuk ke sensor digital akan meningkat besar.

Debu dan kotoran akan muncul sebagai bintik-bintik fuzzy di gambar dan bisa sangat menyebalkan.

Untungnya sebagian besar kamera sekarang dilengkapi dengan sistem pembersihan diri atau pengurangan debu untuk sensor untuk meminimalkan debu.

8. Lensa Kamera


Tidak ada aksesori yang lebih penting untuk DSLR selain lensa.

Lensa kamera

Jika Anda memiliki anggaran yang sangat ketat, mungkin sebaiknya tetap menggunakan lensa "kit" yang disertakan dengan kamera Anda.

Namun, jika anda memiliki uang yang tersisa dalam anggaran, mungkin anda bisa mengupgrade lensa kit itu dengan yang lebih berkualitas.

Saya lebih memilih untuk hanya membeli bodi kamera dan malah mengupgrade lensa untuk kualitas gambar, ketajaman dan kemampuan auto focus dengan cepat.

Jadi, apakah anda memilih sudut yang lebar, tele, makro, atau lensa lain, pilihan lensa yang hampir tak terbatas adalah keuntungan sebenarnya dari DSLR.

Kamera DSLR untuk Pemula


Berikut adalah beberapa kamera dslr yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih karena pertama anda.

Canon - Model dasar Canon diawali dengan Digital Rebel XS (1000D di luar AS). Kamera berkemampuan 10MP dengan Live View, Sensor Cleaning dan 3 FPS.

Nikon - Basis Nikon dimulai dengan D3000, kamera berkemampuan 10.2 MP, dengan LCD 3 inci dengan sensor pembersih diri.Atau nikon D5000 dengan 12.3MP, video HD dan sistem Auto Focus Focus yang lebih kuat.

Olympus - E-520 adalah penawaran 10MP dengan Live View dengan deteksi wajah. Kamera Olympus menawarkan built in image stabilization.

Pentax - K2000 adalah titik awal Pentax, dengan Sensor 10.2MP, 2,7 "LCD, kemampuan ISO 3200 dan pengurangan goncangan built-in.

Sony - Alpha A-230 memulai jajaran DSL Sony, dengan kemampuan 10.2MP, Dual Dust Reduction dan ISO 3200.

Baiklah, demikianlah panduan lengkap memilih kamera yang cocok untuk anda. Silahkan tentukan kebutuhan dan juga budget anda sebelum membeli kamera dslr.

Top Brand

Kategori